Home » » Tips Cara agar tangan tidak panas saat mengangkat adonan risol dari teflon

Tips Cara agar tangan tidak panas saat mengangkat adonan risol dari teflon

Written By Kang Satria on Sunday, September 8, 2013 | 4:11 AM

Lebahinspirasi - Risol merupakan salah satu makanan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia . Mungkin
Nah, bagi anda yang baru belajar atau memulai bikin risol pasti akan mengalami kesulitan ketika ingin mengangkat adonan dari teflon. Sebab kunci suksesnya sebuah bentuk risol adalah saat masih panas dari teflon agar mudah dibentuk dan tidak pecah adonannya. 
anda juga salah satunya yang gemar risol. Tak ada salahnya jika anda buat risol sendiri dirumah, disamping bisa menghemat , tingkat ke hiegienisannya pun bisa terjamin.
Untuk itu biasanya harus memiliki keterampilan khusus untuk mengangkat adonan tersebut dan menggulungnya menjadi sebuah bentuk risol. Bagi anda anda yang baru saja mulai untuk bikin pasti akan terasa panas. 
Berikut adalah tips mengangkat adonan yang baru saja matang dari teflon agar tangan anda tidak panas.
cara pertama yaitu :
Kita bisa memakai trik para pesulap yang biasa mereka pakai untuk pertunjukkan sulap.  Trik ini dapat membuat tangan kita kebal terhadap panas.
caranya sebelum anda mengangkat adonan dari teflon terlebih dahulu tangan anda tempelkan ke batu es yang sudah beku selama 10 detik. Lalu congkel pinggiran adonan tersebut dengan tusuk gigi secara perlahan,  jika sudah dapat ditarik. Ambil adonan tersebut dengan jari anda yang sudah ditempel es tadi.  Proses ini harus berlangsung cepat.  Karena efek es tadi bisa saja hilang jika anda terlalu lama tidak langsung mengangkat adonan tersebut. 
Penjelasan yang logis dari cara tersebut adalah ketika kita jari kita tersentuh es selama 10 detik,  maka pembuluh darah kita akan beku untuk sesaat,  sehingga kulit kita akan kebal seperti mati rasa. Dan anda tidak akan merasakan panas.  Cara ini sudah ibu saya coba dirumah saat membuat risol dan hasilnya berhasil.
Cara kedua yaitu :
Dengan menggunakan minyak sayur yang belum dipakai.  Ini sangat saya rekomendasikan, disamping lebih lebih praktis.  Dan ini lebih aman.  Yitu dengan mengoleskan minyak sayur ke jari kita, kita akan kebal dengan rasa panas dari adonan tadi. 
Caranya adalah sama seperti diataa dengan mencongkel terlebih dahulu pinggiran adonan yang sudah matang dari tedlon.  Lalu ambil dengan tangan yang sudah dilumuri minyak sayur.
Minyak sayur disini berfungsi sebagai pelumas pelindung.  Sebab sifat dari minyak adalah dia akan menempel di kulit fan melindungi permukaan kulit yang akan terkena benda panas tadi.  Cara ini pun sudah saya praktikan dan berhasil.
Itu tadi adalah tips dan trik agar tangan tidak panas saat mengangkat adonan langsung dari teflon.  Semoga berguna dan bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

Thank you. May be useful :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...